Jika Anda termasuk orang yang tidak teratur makan, malas makan atau cenderung menunda-nunda makan sebaiknya ubah kebiasaan itu. Kebiasaan itu dapat menjadi salah satu penyebab sakit maag.

Penyakit maag atau dalam istilah kedokteran gastiris atau peradangan lambung yang terjadi karena produksi asam lambung berlebihan,sehingga asam lambung yang semestinya membantu proses pencernaan justru merusak dinding lambung.Tingginya asam lambung tersebut juga menyebabkan penderita maag merasakan nyeri pada lambung.

Penderita maag sering menunjukkan beberapa gejala, seperti perut sering kembung, perih sampai ulu hati, sering bersendawa, cepat kenyang, perut keroncongan (borborgygmi), membuang gas dan mual yang terkadang disertai muntah.

Serangan maag sebenarnya bisa dicegah jika penderita mengetahui beberapa faktor yang menjadi pencetusnya, seperti makanan, psikologis dan infeksi bakteri. Untuk mencegah maag, usahakan perut tidak sampai kosong. Sebab tidak adanya bahan makanan yang digiling oleh asam lambung, menyebabkan asam lambung menyerang dinding lambung melalui gerakan peristaltik usus.

Dan beberapa "Tips untuk menghindari sakit maag" adalah :

1) Hindari makanan pemicu sakit maag ;
Hindari makanan terlalu asam, pedas, berlemak, bumbu yang merangsang, minuman beralkohol,kafein, coklat, buah-buahan yang mengeluarkan gas (nangka, durian. Jenis makanan dan minuman tersebut dapat mengiritasi maag.

2) Makan makanan yang menetralisir asam lambung ;
Penderita sakit maag sebaiknya mengonsumsi makanan yang dapat menetralisir asam lambung, misalnya roti susu.
Jika sakit maag sedang kambuh, makanlah makanan lunak yang lebih mudah dicerna, misalnya bubur dalam porsi yang tidak terlampau banyak.

3) Jangan terlambat makan ;
Jangan tunda waktu makan. Jika waktu makan telah tiba, sebaiknya segeralah makan. Jika belum sempat sebaiknya siapkan makanan ringan ditempat Anda sehingga perut dapat diisi sewaktu-waktu.

4) Minum air putih;
Minum air putih sebanyak mungkin akan membantu menetralisir asam lambung yang berlebihan. Ini dapat juga dilakukan dengan mengonsumsi obat yang aman dan efektif mengatasi nyeri lambung.

5) Berolahraga secara teratur ;
Berolahraga atau latihan fisik sangat disarankan bagi mereka yang mengalami gangguan pada lambung, sebab pada dasarnya olahraga dapat merangsang otot-otot lebih aktif termasuk otot perut.
Hal ini akan membuat proses pencernaan maupun pembuangan menjadi lebih baik. Tidak ada olahraga yang disarankan secara
khusus. Namun, jalan cepat ataupun jogging dapat dicoba untuk melatih fisik.


Info : Intisari Aug' 08.

0 comments: